Cara mudah untuk memasang aplikasi di Mandriva

urpmi adalah paket Mandriva Linux yang berfungsi untuk memasang, menghapus, meng-update dan querying aplikasi lewat network (ataupun lokal). Dengan urpmi memasang aplikasi di Mandriva menjadi sangat mudah. Seluruh paket yang bergantung (dependencies) akan diurus oleh urpmi. Kita hanya perlu mengetikkan perintah urpmi diikuti nama aplikasi yang akan dipasang. Misalnya untuk memasang superkaramba kita hanya perlu menjalankan perintah:
# urpmi superkaramba
Dengan urpmi kita bisa menghilangkan ketergantungan pada CD pemasangan. Kita tidak perlu lagi memasukkan CD Mandriva ketika akan memasang sebuah aplikasi. Semua aplikasi akan dipasang dengan keluaran terbaru menurut server yang kita jadikan referensi. Namun tentu saja kita membutuhkan koneksi internet ketika menggunakan perintah ini.
Pertama kita perlu menambahkan server sumber aplikasi Mandriva ke mesin Linux yang kita miliki. Cara termudah adalah dengan menggunakan jasa Easyurpmi .
Hanya ada tiga tahap untuk mendapatkan perintah lengkap urpmi.addmedia. Langkah pertama tentukan jenis Mandriva dan jenis prosesor yang Anda miliki. Selanjutnya pada langkah kedua pilih lokasi server yang sesuai dengan lokasi Anda. Pada langkah ketiga easyurpmi akan memberikan perintah yang langsung bisa kita jalankan lewat konsol dengan terlebih dulu masuk sebagai su. Contoh perintah penambahan media :
Jalankan perintah tersebut satu persatu. Untuk menghilangkan ketergantungan dengan CD pemasangan Mandriva hilangkan cek pada sumber pemasangan. Pengaturannya bisa di akses lewat Star> System> Configure> Configure your computer > Select from where package are downloaded.
Kadang terjadi kegagalan dalam penambahan media ini, penyebabnya biasanya karena server yang kita pilih sedang tidak aktif atau terlalu sibuk. Kita bisa menjalankan lagi perintah penambahan yang gagal tersebut atau bisa juga mengganti alamat server yang kita tuju.

0 komentar:

Posting Komentar